Jumat, 08 September 2017

Saus Bawang



Saus bawang..
Apakah yang ada di benak anda ketika mendengar kata saus bawang? Tentunya setiap orang akan memikirkan saus yang terbuat dari bawang dan bahan lainnya. Kurang lebih memang seperti itu. Namun dalam hal ini penulis akan sedikit membahas saus bawang khas priangan timur khususnya berasal dari Kabupaten Ciamis.

Saus bawang merupakan kebutuhan pokok umumnya bagi para pedagang bakso, khususnya di daerah priangan timur. Setiap pedagang memiliki ramuan sendiri dalam meracik saus bawang tetapi memiliki bahan dasar yang kurang lebih sama yaitu saus yang memiliki komposisi utama bawang putih dan cabe rawit merah kering yang telah digiling.

Dalam hal ini Saus Bawang Amanah memiliki beberapa varian yang tentunya tetap menggunakan bahan utama bawang putih dan cabe rawit merah kering. Saus bawang amanah membagi saus bawang menjadi 4 kualitas. Mulai dari kualitas saus bawang no.3, no.2, no.1 dan saus bawang super.

4 macam saus bawang tersebut memiliki kualitas yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Tentunya dari kualitas tersebut bisa dibedakan yang mana yang paling pedas. Ya, tentunya kualitas terbaik adalah saus bawang super yang memiliki kepedasan tertinggi. Namun saus bawang no.1 juga tidak kalah pedasnya. 

Saus bawang super biasanya digunakan para pedagang bakso untuk dicampur lagi dengan bahan lainnya seperti saus bantal biasa, air, dan campuran lainnya. Beda lagi dengan saus bawang no.1, no.2 dan no.3, saus bawang ini sudah siap konsumsi tanpa harus dicampur lagi dengan bahan lainnya. Namun selera akan berbeda, tidak akan menutup kemungkinan saus bawang tersebut (no.1, no.2, dan no.3) dicampur lagi dengan saus bawang yang lain setelah sampai ke tangan para pedagang.

Setelah mencoba sendiri, penulis memberikan rekomendasi untuk menggunakan saus bawang amanah dengan kualitas no.1. selain pedas, saus bawang tersebut sudah siap konsumsi tanpa harus ada campuran bahan lainnya.

Bagi yang berminat, bisa klik link dibawah ini.



3 komentar: